Jangan Ketinggalan! Ini Fakta Menarik Tentang Lulur Untuk Perempuan

March 3, 2024

Ingin memiliki kecantikan seperti putri raja? Lulur ternyata menjadi salah satu ritual yang selalu dilakukan oleh putri raja Jawa pada masa dulu. Perawatan kecantikan ini ternyata memang menjadi sejarah original bangsa Nusantara, dan kini telah dikenal di seluruh dunia.
Bahkan lulur ini sudah terbukti secara ilmiah mampu memberikan manfaat yang sangat baik terhadap kulit. Terutama dalam mengangkat sel kulit mati dan memberikan nutrisi terhadap kulit.
Nah, apa saja fakta menarik terkait dengan lulur untuk perempuan ini?

Menjadi Treatment Kecantikan Para Putri Raja Jawa Zaman Dulu

Lulur sebenarnya merupakan warisan asli nusantara. Metode kecantikan ini ternyata dikenalkan oleh para putri raja Jawa pada zaman dahulu kala. Konon, putri raja selalu melakukan perawatan kecantikan untuk mendapatkan manfaat lulur rempah ini setiap dua kali seminggu.
Terbukti dengan perawatan ini, pesona kecantikan putri raja selalu diagungkan sejak zaman dahulu. Apalagi saat itu, prosesi ini hanya diketahui oleh kalangan bangsawan saja. Sehingga kecantikan sang putri tidak ada yang menandingi.

Prosesi Lulur Selama 40 Hari Berturut-turut Sebelum Menikah

Lulur sudah menjadi salah satu ritual wajib bagi putri kerajaan sebelum menikah. Bahkan konon, 40 hari sebelum melangsungkan pernikahan, putri akan melakukan lulur setiap hari sampai hari pernikahan tiba.
Hal ini jelas menunjukkan bahwa, lulur menjadi prosesi sangat penting untuk meningkatkan kecantikan putri raja. Sehingga di hari pernikahan, sang putri akan terlihat menjadi sosok paling bersinar di antara semua orang.

Menjadi Ritual dengan Cara yang Sudah Diatur

Ada aturan tersendiri terkait dengan ritual lulur ini. Prosesi ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus memenuhi urut-urutan yang sudah ditentukan.
Proses lulur harus menggunakan lulur rempah yang bagus dari ramuan khusus. Diawali dengan mengaplikasikan di bagian kaki terlebih dahulu. Pada proses ini, dilakukan pijat Bali selama sekitar satu jam. Baru setelah proses tersebut, lulur dibalurkan ke seluruh bagian tubuh.

Ramuan Lulur Tradisional

Ramuan tradisional yang digunakan dalam lulur tidaklah asal-asalan. Ada ramuan khusus yang digunakan dalam ritual tersebut.
Cara membuat lulur rempah yang merupakan ramuan lulur tradisional tersebut menggunakan beberapa bahan. Mulai dari beras, kacang-kacangan, kunyit, kayu manis, jahe, dan bubuk cendana.
Semua bahan tersebut ditumbuk dengan menambahkan sedikit air. Setelah ditumbuk halus, ditambahkan minyak bunga melati.
Minyak bunga melati ini memiliki tekstur seperti butiran scrub. Scrub memang sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.
Setelah proses lulur selesai, dilakukan pembilasan menggunakan air hangat. Sensasi dari proses ini sangat nyaman, dan membuat kulit terasa lebih segar.

Ditutup dengan Mandi di Kolam Bunga

Setelah semua proses lulur selesai, sang putri masih harus mandi di kolam bunga. Kolam mandi putri yang masih bisa ditemukan seperti di situs Istana Air Tamansari yang berada di Kraton Yogyakarta. Kolam pemandian tersebut juga bisa ditemukan di Tirta Gangga, Bali, yang merupakan peninggalan kerajaan Karangasem.
Bunga-bunga yang digunakan di kolam tersebut seperti melati, kenanga, kamboja, tuberose, dan kacapiring. Warisan Nusantara tersebut ternyata mendapat sambutan yang luar biasa. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.
Kamu juga bisa merasakan lulur ala putri raja bersama Woman & Woman Spa. Ada banyak treatment spa yang ditawarkan, termasuk pijat Bali dan lulur ala putri raja Jawa. Di sini kamu juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap, suasana yang nyaman, dan terapis profesional.
Nah, itulah fakta menarik terkait dengan lulur yang dilakukan oleh para putri raja. Jadi, dapatkan treatment terbaik hanya di Woman & Woman Spa sekarang juga.

WhatsApp