Baby Spa: 5 Manfaat untuk Tumbuh Kembang Bayi

March 3, 2024

Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk tumbuh kembang bayinya. Salah satunya adalah dengan membawa bayi ke tempat baby spa. Bukan hanya sebagai terapi biasa, baby spa ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Pengertian Baby Spa

Baby spa adalah perawatan khusus untuk bayi yang menggunakan air sebagai media relaksasi, sama seperti spa dewasa. Setelah berenang dan berendam, sebelumnya bayi akan menjalani tahap pemijatan.

Treatment ini harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh tenaga profesional, sebab melakukan perawatan pada bayi memang tidak boleh sembarangan. Praktisi yang ahli dan terpercaya juga bisa membuat orang tua merasa aman dan bayi juga mendapatkan manfaat yang diharapkan.

Manfaat Baby Spa Untuk Bayi

Beberapa studi telah membuktikan bahwa baby spa memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan bayi. Berikut kami rangkumkan 5 diantaranya.

Rangsangan Untuk Bayi

Kegiatan fisik bayi saat berendam dan berenang ketika spa, akan merangsang bayi melatih keseimbangan dan juga koordinasi. Ini dapat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya di kemudian hari, seperti merangkak, berjalan, juga lainnya.

Selain itu, kegiatan ini pun dapat bermanfaat untuk melatih gerak tangan dan kaki bayi.

Perbaikan Pola Tidur Bayi

Sebuah studi pada bayi mengatakan bahwa memijat bayi terutama yang terlahir prematur hingga usia 8 bulan memberikan hasil bahwa pijat bayi akan membuat kualitas tidur bayi jauh lebih baik.

Berperan Dalam Tumbuh Kembang Bayi

Penelitian di Brasil pada tahun 2013 terhadap bayi berusia 7 hingga 9 bulan menyatakan bahwa dengan melatih bayi berenang sebanyak 40 menit selama seminggu dalam kurun waktu 4 bulan, memberikan hasil perkembangan motorik yang lebih baik.

Selain itu, studi lain juga membuktikan, pijat bayi memiliki manfaat yg baik untuk tumbuh kembang bayi, terutama prematur. Dengan terbiasa dipijat biasanya bayi akan cenderung lebih matang, dari segi motorik, perilaku, maupun lainnya.

Membuat Bayi Merasa Lebih Tenang

Sensasi pijat yang menenangkan akan membuat bayi mengeluarkan hormon yang membuat tubuhnya menjadi lebih tenang. Dengan begitu akan membuatnya jarang uring-uringan atau gelisah.

Mendorong Perkembangan Otak

Aktivitas bayi saat berada dalam baby spa tub akan memberikan stimulasi sensorik. Hal ini akan membuat otak bayi menghasilkan sel-sel baru yang tentunya baik untuk perkembangan otaknya.

Saat dipijat, sebagian besar indera bayi menerima stimulus berupa sentuhan dari pijat bayi. Ini akan membuat saraf pada otak bayi membentuk banyak koneksi baru.

Kegiatan bayi dalam kolam renang khusus mampu memberikan rangsangan untuk tumbuh kembang bayi, juga dapat melatih kekuatan otot-otot bayi. Sementara terapi pijat pada bayi dapat membuatnya memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan membuat bayi menjadi lebih tenang dan rileks.

Dengan semua manfaat baik dari baby spa, rasanya tak heran jika banyak orang tua memilih baby spa untuk perawatan bayi mereka. Selain itu, saat membawa bayi baby spa, ibu juga bisa sekaligus memanjakan diri, karena biasanya tempat spa juga menyediakan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Nah, untuk kamu yang masih bingung mencari fasilitas baby spa terbaik, terutama baby spa Jakarta, kamu bisa mengunjungi WWSpa, pionir spa perempuan dan wanita terbaik di Jogja yang juga menawarkan berbagai treatment untuk bayi, anak dan ibu hamil.

Untuk informasi selengkapnya serta berbagai penawaran menarik lainnya, kunjungi website kami pada https://www.womanandwomanspa.id/ dan instagram kami pada https://www.instagram.com/wwspa/. Rasakan manfaat baby spa dengan pelayanan terbaik yang kami berikan di tempat kami.

WhatsApp