5 Treatment Spa yang Aman untuk Ibu Hamil

December 19, 2021

Merawat tubuh semasa hamil memang sangat membantu ibu untuk tetap segar dan mengurangi stres. Salah satu yang menjadi favorit dan harus kamu coba adalah spa ibu hamil. Eh, memangnya boleh? Boleh kok, kamu  bisa coba treatment pijat kehamilan ini saat kondisi janin sudah lebih kuat, yakni pada usia trimester kedua demi menghindari risiko pijat saat hamil muda. Sebelum mendapatkan treatment, pastikan sudah konsultasi dengan doktermu, ya! Hindari juga jenis spa ibu hamil yang memanfaatkan suhu panas untuk relaksasi, seperti: terapi uap atau sauna, mud wrapping, dan lain sebagainya. Naiknya suhu tubuh secara signifikan bisa memunculkan hormon prostaglandin yang memicu terjadinya kontraksi. Hal ini tentu berbahaya bagi dedek bayi yang berada dalam kandungan. Buat kamu yang sering mengalami morning sickness, kamu perlu menghindari aromaterapi berbau tajam saat hendak melakukan treatment. Pilihlah aroma netral yang dapat diterima oleh indera kamu. Kamu bisa konsultasikan ini pada terapis sebelum memulai perawatan. Lantas, apa saja perawatan yang cocok dan aman untuk ibu hamil?

1. Pemijatan khusus ibu hamil

Ada banyak sekali jenis pijatan yang tersedia sebagai terapi. Namun bagi ibu hamil, pastikan memilih tempat pijat dengan terapis berpengalaman khusus ibu hamil, ya! Hal ini karena saat hamil, ada bagian yang dilarang dipijat saat hamil dan rawan bagi keamanan janin.  Pemijatan khusus masa hamil umumnya merupakan mengusapan dan melakukan penekanan sedemikian rupa yang gerakannya tidak memicu kontraksi. Seluruh area tubuh akan mendapat pijatan kecuali perut. Kamu juga bisa request untuk memijat bagian-bagian yang rawan terjadi pegal-pegal seperti pinggul, punggung, hingga kaki. Posisi terbaik saat melakukan pijat bagi ibu hamil adalah duduk atau tidur miring. Saat mengambil posisi miring, pastikan tidak bertumpu pada salah satu sisi saja, ya! Pilihlah minyak yang bersifat hypoallergenic (tidak merangsang alergi) demi menghindari reaksi yang tidak diinginkan. Salah satu minyak yang cukup menjadi rekomendasi saat spa ibu hamil adalah minyak biji anggur hijau. Selain memiliki bau ramah hidung, minyak ini juga ampuh melembabkan kulit.

2. Creambath

Sering merasa pusing? Perawatan creambath memang bagian dari prenatal massage cocok untuk ibu yang sedang mengandung. Treatment ini akan memberikan tekanan lembut pada kepala menggunakan krim khusus kehamilan. Krim ini mengandung asam amino, vitamin B kompleks, biotin, dan kalsium. Kolaborasi antara minyak berkhasiat dengan teknik pijatan yang menenangkan, membantu ibu hamil meredakan sakit kepala hingga mengurangi rambut rontok akibat perubahan hormon selama masa kehamilan. Khusus ibu hamil, creambath bisa sambil tiduran agar kamu lebih rileks dan tidak pegal-pegal. Enak, kan?

3. Facial khusus ibu hamil

Perubahan hormon saat hamil sering kali menyebabkan kulit kusam dan munculnya jerawat. Selain untuk relaksasi, facial khusus ibu hamil bisa meredakan gejala-gejala kulit kurang sehat, loh! Perlu kamu perhatikan sebelum memulai treatment, pastikan krim mengandung bahan-bahan aman. Bukan bahan yang dapat memicu reaksi alergi atau bahan kimia berbahaya bagi ibu hamil. Jenis facial yang ramah untuk prenatal massage sesuai kondisi ibu hamil antara lain: hydrating facial, deep cleansing facial, dan oxygen facial.

4. Scrub tubuh

Mengangkat kulit dan sel-sel mati pada permukaan tubuh melalui scrub dan lulur memang sangat menyegarkan, bukan? Nah, kamu yang sedang hamil boleh loh mendapat perawatan scrub. Terapis profesional akan membantu kamu menjalani proses exfoliasi sesuai standar dan tidak membahayakan janin. Termasuk memilihkan bahan produk scrub yang aman bagi kamu dan si buah hati agar mendapat manfaat spa ibu hamil secara optimal.

5. Manicure-Pedicure

Kuku menjadi bagian tubuh yang sering terabaikan. Nah, tidak ada salahnya untuk mulai memperhatikan bagian ujung jari ini. Manicure-Pedicure dapat mengembalikan dan menjaga kesehatan kuku bagian kutikula, sekaligus melembabkan bagian tangan dan kaki. Agar perawatan semakin aman, sebelum memulai ada baiknya kamu pastikan alat-alat telah steril. Apabila punya, kamu bisa membawa sendiri peralatan manicure milikmu, loh! Tidak boleh ketinggalan, pastikan menggunakan pewarna yang tidak mengandung bahan DBP dan formaldehyde saat hendak memberi warna-warni cantik pada kuku, agar janin tetap aman dari risiko-risiko tak diinginkan.

Kini kamu tidak perlu bingung mencari tempat spa lengkap bagi ibu hamil yang memiliki tenaga profesional. Di Woman and Woman Spa, kamu bisa memilih paket lengkap perawatan Mom and Baby,  mulai dari pregnancy massage hingga coconut body scrub dan yogurt body splash. Tak perlu khawatir kantong bolong, harga spa ibu hamil yang ditawarkan Woman and Woman Spa sebanding dengan sensasi nikmat selama 75 menit. Kamu juga mendapat manfaat menenangkan yang tahan lama. Yuk, kosongkan jadwalmu dan pastikan kamu mendapat spa ibu hamil di Woman and Woman Spa!

WhatsApp