5 Tanda Vital Melahirkan yang Wajib Ibu Hamil Ketahui

March 3, 2024

Melahirkan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil dan keluarga. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengetahui tanda-tanda ibu melahirkan yang mungkin saja akan terjadi dalam waktu dekat. Dengan mengetahui tanda-tanda ini bisa membuatmu lebih mempersiapkan segalanya dengan lebih baik.

5 Tanda Vital Melahirkan yang Wajib Ibu Hamil Ketahui

Berikut ini adalah 5 tanda vital ibu yang akan melahirkan bayi yang wajib untuk diketahui :

1.  Perubahan Fisik

Salah satu tanda ibu melahirkan anak yang mudah untuk dikenali adalah adanya perubahan fisik pada tubuh. Perubahan ini bisa beragam, mulai dari terjadinya penurunan berat badan hingga lebih sering melakukan buang air besar. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya karena bayi mulai turun ke panggul.

Ibu akan mudah lebih sering buang air besar karena kondisi janin didalam perut yang menekan uss. Kondisi fisik yang mudah lelah dan tidak nyaman juga bisa menjadi salah satu tanda ibu akan segera melahirkan. Hal ini disebabkan karena adanya tekanan yang besar, terutama pada bagian tulang belakang.

2.  Perubahan Emosional

Selain mempersiapkan perlengkapan ibu yang akan melahirkan, sangat penting juga untuk mengetahui tanda-tanda ibu akan segera melahirkan. Salah satunya dapat dilihat dari perubahan emosional yang terjadi. Suasana hati ibu yang akan melahirkan cenderung lebih sering berubah-ubah.

Seperti misalnya kamu akan menjadi lebih gelisah, cemas, takut, senang, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada hormon dan perasaan ketidakpastian menunggu kapan waktu persalinan akan tiba. Namun, kamu tak perlu khawatir karena hal ini normal.

3.  Adanya Kontraksi

Tanda yang ketiga seorang ibu akan melahirkan adalah terjadinya kontraksi. Kontraksi adalah salah satu tanda paling jelas bahwa persalinan sudah dekat. Kontraksi merupakan gerakan yang terjadi pada otot-otot rahim yang membantu membuka serviks dan mendorong bayi keluar.

Kontraksi ini bisa terjadi beberapa kali, dan pada awalnya akan terasa seperti kram ringan saja. Namun, seiring berjalannya waktu kontraksi akan menjadi lebih kuat dan sering, serta mungkin saja menimbulkan rasa nyeri. Jika kontraksi semakin sering terjadi, mungkin saja waktu persalinan sudah dekat.

4.  Penurunan Aktivitas Janin

Penurunan aktivitas janin juga menjadi salah satu tanda akan terjadi persalinan. Hal ini disebabkan karena ruang sempit didalam rahim sudah menjadi semakin sempit. Sehingga, gerakan janin didalam rahim akan menjadi semakin sedikit.

Selain penurunan aktivitas janin, kamu juga akan merasa adanya sensasi penurunan pada area panggul. Hal ini disebabkan karena janin yang menurun dan kamu sudah siap untuk melakukan persalinan. Sangat penting juga untuk menyadari tanda-tanda ini.

5.  Pecahnya Air Ketuban

Tanda vital terakhir adalah terjadinya pecah ketuban. Jika hal ini sudah terjadi maka sudah dipastikan ibu akan segera melahirkan. Cairan akan keluar dari vagina dan biasanya dalam jumlah yang banyak.

Itulah tanda vital ibu akan segera melahirkan. Namun, kamu tak perlu takut karena tanda-tanda tersebut normal dan dirasakan oleh hampir semua ibu. Jika kamu ingin persalinan menjadi lebih rileks, maka bisa melakukan perawatan sebelum melahirkan agar tidak stres. Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan spa.

Kamu bisa melakukan spa di Woman and Woman Spa agar menjadi lebih rileks. Ada berbagai spa yang dapat dilakukan ketika akan memasuki fase ibu melahirkan, mulai dari pijat, totok, lulur, dan lain sebagainya. Yuk segera kunjungi Woman and Woman Spa!

WhatsApp