5 Kesalahan Saat Lulur Badan yang Harus Kamu Hindari agar Hasil Maksimal

March 3, 2024

Merawat kecantikan dan kesehatan kulit dijamin menjadi rutinitas bagi kaum pemerhati penampilan, khususnya kaum Hawa. Merawat kulit badan ternyata tidak hanya bisa dilakukan di tempat spa melainkan bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah rajin menggunakan lulur body scrub. Menggunakan produk lulur yang diperkaya dengan butiran scrub diklaim mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Penggunaannya tidak hanya membersihkan kulit namun juga menjadi cara memutihkan badan. Hanya saja banyak yang mengaku tidak kunjung mendapatkan manfaat tersebut, mengapa bisa demikian?

Jangan Asal saat Memakai Lulur Badan

Lulur dengan kandungan scrub sudah dikenal masyarakat sejak dulu dan masih populer digunakan sampai sekarang. Alasannya tentu saja karena memang efektif membersihkan dan bahkan mencerahkan warna kulit. Namun, ada beberapa orang yang mengaku manfaat tersebut tidak kunjung dirasakan.

Usut punya usut, ternyata manfaat dari produk lulur body scrub merek dan jenis apapun baru terasa ketika pemakaiannya sudah benar. Pemakaian ini akan mempengaruhi efektivitas dari kandungan bahan di dalamnya.

Sehingga, pengguna produk lulur ini sebaiknya paham dulu cara penggunaannya supaya tidak merasa ditipu oleh iklan dan klaim yang tercantum dalam kemasan. Sekaligus menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa mengurangi efektivitas dari kandungan bahan di dalam produk lulur tersebut.

Kesalahan Memakai Lulur Body Scrub

Selain perlu mengetahui bagaimana cara memutihkan badan dengan lulur, juga perlu menghindari sejumlah kesalahan yang membuat kinerja bahannya kurang maksimal. Adapun kesalahan tersebut adalah:

1. Memilih Lulur Secara Asal

Kesalahan pertama dalam menggunakan lulur body scrub adalah salah dalam memilih. Sebab jenis dari produk lulur ini cukup banyak, selain hadir dalam berbagai merek juga hadir dengan komposisi bahan berbeda. Komposisi ini akan menentukan manfaatnya, jadi perlu disesuaikan.

Misalnya ingin punya kulit putih maka perlu memilih lulur yang mengandung bahan susu, bengkoang, dan bahan lain yang memberi efek mencerahkan warna kulit. Sehingga untuk mendapat hasil maksimal, pastikan jenis lulur yang dipilih sesuai kebutuhan.

2. Langsung Digosok Setelah Diaplikasikan

Jika sudah memilih jenis lulur yang sesuai maka hindari kesalahan dalam pemakaiannya. Salah satunya adalah langsung digosok begitu produk lulur ini diaplikasikan ke kulit.

Cara ini akan membuat kandungan bahan tidak sempat meresap ke pori-pori kulit sehingga manfaatnya menguap begitu saja. Idealnya, usai diaplikasiakn perlu didiamkan sebentar antara 2-5 menit baru kemudian digosok perlahan.

3. Mengaplikasikan Lulur Ketika Kulit Masih Kering

Kesalahan berikutnya dalam menggunakan produk lulur body scrub adalah diaplikasikan begitu saja ke kulit yang masih kering. Cara ini akan menghalangi kandungan bahan di dalam lulur terserap ke kulit.

Cara yang tepat adalah melembabkan kulit dulu, misalnya mengoleskan air dan tunggu sebentar. Baru kemudian produk lulur diaplikasikan ke kulit dan didiamkan sebentar baru digosok.

4. Gerakan yang Salah

Kesalahan lainnya adalah gerakan menggosok lulur yang salah, sebab ada aturan khusus untuk membuat produk perawatan tubuh ini bekerja maksimal. Jika asal digosok maka efektivitasnya akan berkurang. Jadi, idealnya lulur dengan butiran scrub perlu digosok dengan gerakan memutar dan perlahan. jangan terlalu kencang karena butiran scrub di dalamnya bisa menyebabkan iritasi di kulit.

5. Langsung Dibilas

Kesalahan terakhir yang paling sering dilakukan saat memakai produk lulur adalah langsung dibilas. Jadi, idealnya lulur yang sudah didiamkan dan digosok dengan gerakan memutar perlu didiamkan kembali. Tidak terlalu lama, kurang dari 5 menit dirasa sudah cukup. Baru setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air.

Diantara lima kesalahan memakai produk lulur body scrub di atas, mana yang sering kamu lakukan? Menyadari bahwa kebiasaan tersebut keliru, maka usahakan untuk dihindari. Sehingga kandungan bahan di dalam produk lulur yang dipilih bekerja dengan maksimal.

WhatsApp