5 Cara Merawat Kesehatan Area Kewanitaan yang Wajib Diketahui

March 3, 2024

Selain wajah dan tubuh, ada bagian lain yang harus selalu dirawat yaitu vagina. Perawatan vagina sangat penting untuk menjaga kesehatannya dan bisa membuatnya tampak lebih terawat. Ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk merawatnya. Penasaran apa saja?

5 Cara Merawat Kesehatan Area Kewanitaan

Berikut ini adalah berbagai perawatan untuk vagina :

1. Bersihkan Vagina dengan Benar

Penting untuk menjaga kebersihan vagina dengan membersihkannya setiap kali setelah buang air kecil atau buang air besar. Untuk menjaga kesehatannya, sebaiknya lakukan pembersihan dengan benar. Kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih lalu mengeringkannya dengan tisu.
Selain itu, penting juga untuk mengeringkan vagina dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus guna mencegah penyebaran bakteri dari anus ke dalam vagina. Kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan area vagina. Sebenarnya, sabun kurang dianjurkan untuk digunakan membersihkannya.
Penggunaan produk pembersih kewanitaan dengan kandungan antiseptik yang kuat tidak diperlukan dan bahkan tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan karena penggunaan produk semacam itu dapat mengganggu keseimbangan alami vagina yang sehat.

2. Jaga Vagina Tetap Kering

Untuk mendapatkan vagina terawat dan sehat maka sebaiknya harus dijaga agar tetap kering. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena Kelembaban yang berlebihan ini dapat menyebabkan iritasi kulit yang tidak nyaman dan bahkan dapat menyebabkan lecet. Tak hanya itu saja, vagina yang lembab juga bisa menyebabkan jamur untuk mudah tumbuh disekitar vagina.
Infeksi jamur pada vagina dapat menyebabkan gejala, seperti gatal, peradangan, keputihan yang tidak normal, dan ketidaknyamanan saat buang air kecil atau berhubungan seksual. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu harus selalu menjaga vagina tetap kering dengan menggunakan tisu atau ganti pakaian dalam jika lembab.

3. Pemilihan Pakaian Dalam

Pemilihan pakaian dalam juga sangat penting untuk menjaga vagina agar bisa tetap sehat dan terawat. Kamu bisa menggunakan pakaian dalam dengan bahan katun agar bisa menjadi lebih nyaman. Kenapa bahan katun dianjurkan untuk digunakan sebagai bahan pakaian dalam?
Hal ini disebabkan karena katun memiliki kemampuan alami untuk menyerap keringat dari kulit, sehingga membantu menjaga area vagina tetap kering. Selain itu, sifat katun yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik juga membantu menjaga ventilasi yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vagina.

4. Totok Vagina

Kamu juga bisa menjaga kesehatan area kewanitaan dengan menggunakan totok vagina. Perawatan ini merupakan teknik pemijatan yang dilakukan pada titik-titik tertentu di vagina. Tujuan utama utama dari melakukan perawatan ini adalah untuk merilekskan otot-otot di sekitar daerah bokong dan area vagina.
Selain itu, dengan melakukan perawatan ini juga bisa membuat sistem saraf dan sirkulasi di area tersebut menjadi lebih baik. Dengan merangsang titik-titik ini, respons relaksasi dapat dihasilkan dan memberikan efek positif hingga ke otak. Hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya gairah seksual.

5. Ratus Vagina

Selain totok, ada juga perawatan lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan area kewanitaan yaitu perawatan kewanitaan ratus. Perawatan ini sangat unik karena menggunakan uap dari rempah-rempah yang bermanfaat. Perawatan ini bisa membuat vagina lebih wangi, kencang, dan bersih.
Proses ratus vagina dimulai dengan memanaskan air yang telah dicampur dengan rempah-rempah dan ramuan tertentu. Beberapa rempah-rempah yang umum digunakan dalam ratus vagina termasuk daun sirih, kunyit, dan lain sebagainya. Campuran ini kemudian ditempatkan dalam wadah khusus dan uap akan diarahkan ke vagina dengan cara duduk pada kursi khusus.

Itulah penjelasan mengenai cara untuk perawatan vagina. Pastikan untuk selalu menjaga vagina tetap bersih dan kering. Selain itu, lakukan juga perawatan khusus seperti ratus dan totok untuk hasil maksimal. Kamu bisa melakukan kedua perawatan tersebut di Woman and Woman Spa untuk hasil maksimal.

WhatsApp