Simak Kelebihan dan Kekurangan Baby Spa

March 3, 2024

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa melakukan spa, namun bayi juga. Perawatan untuk bayi ini disebut dengan baby spa. Perawatan ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Penasaran apa saja? Yuk cari tahu disini!

Kelebihan Spa Bayi

Baby spa adalah perawatan yang diberikan khusus untuk bayi untuk menjaga kesehatan bayi. Pada spa ini, bayi akan dipijat, berendam pada air hangat, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya yang bisa merangsang perkembangan motorik bayi. Perawatan ini mempunyai beberapa kelebihan.

Berikut ini adalah berbagai kelebihannya :

1. Membantu Perkembangan Motorik

Kelebihan pertama dari spa bayi ini adalah bisa membantu perkembangan motorik menjadi lebih baik. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan yang dilakukan pada perawatan ini dapat membantu meningkatkan motorik pada bayi.

Sehingga, komunikasi, umpan balik, dan juga modulasi pada bayi bisa menjadi lebih baik. Selain itu, dengan melakukan spa ini juga bisa membantu bayi untuk menggerakkan kaki dan tangannya dengan lebih terkoordinasi. Hal ini dapat berpengaruh pada kedisiplinan anak nantinya.

2. Memperkuat Otot

Dengan melakukan spa di baby spa terdekat juga bisa membantu untuk memperkuat otot bayi.  Bayi harus belajar untuk menggerakkan otot pada bagian kepala, tangan, dan leher agar bisa beraktivitas dengan baik. Agar gerakan otot menjadi lebih baik maka bisa ditunjang dengan melakukan spa agar otot menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah bayi sering mengalami sulit tidur? Maka, bisa coba untuk mengatasinya dengan melakukan spa. Pada spa ini menggunakan gerakan pijatan lembut, sehingga dapat membantu bayi merasa lebih rileks dan nyaman. Dengan begitu, dapat juga membantu untuk meningkatkan kualitas tidur bayi.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan sering dialami oleh bayi karena beberapa faktor. Bayi seringkali mengalami masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit. Pijatan lembut pada perut selama perawatan dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Selain itu, dapat juga membantu untuk menstimulasi peredaran darah pada bayi.

5. Membantu Menenangkan

Bayi yang baru lahir seringkali mengalami stres akibat perubahan lingkungan yang baru dan kebiasaan tidur yang tidak stabil. Sehingga, sering kali membuat bayi menjadi rewel dan sering menangis. Pada perawatan ini akan memanfaatkan teknik pijat yang baik untuk membantu menenangkan bayi dari rasa stres.

Kekurangan Spa Bayi

Selain mempunyai kelebihan, perawatan ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Lingkungan spa yang kurang baik dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit bayi seperti misalnya eksim, dermatitis, dan lain-lain, terutama jika peralatan dan alat yang digunakan tidak steril.

Selain itu, bahan yang digunakan bisa saja ada yang tidak cocok dengan sebagian bayi sehingga bisa menimbulkan alergi. Oleh sebab itu, ketika melakukan spa bayi harus dilakukan dengan steril agar tidak menimbulkan risiko infeksi atau alergi pada bayi. Pastikan juga bahwa bahan yang digunakan tidak akan menimbulkan alergi.

Kekurangan lainnya dari perawatan ini adalah tidak bisa dilakukan sendiri. Mengapa demikian? Jika dilakukan sendiri bisa saja mengalami kesalahan dalam teknik pemijatan. Hal ini bisa memberikan dampak yang tidak baik untuk bayi. Jika kamu tinggal di Jakarta Timur, maka bisa mencoba baby spa Jakarta Timur.

Berbagai proses dan pemijatan harus dilakukan langsung oleh seorang terapis profesional yang sudah berpengalaman dalam melakukan spa bayi. Jika kamu ingin melakukan baby spa ini, maka bisa mencoba di Woman and Woman Spa. Peralatan spa yang digunakan steril dan ditangani langsung oleh terapis terbaik.

WhatsApp