Kenali Gejala Stress Sebelum Mengganggu Kesehatan Mental

March 3, 2024

Mengenali gejala sangat penting untuk mereka yang memiliki risiko tinggi. Misal orang yang bekerja di bidang keuangan, desainer yang pekerjaannya menumpuk, atau mahasiswa tahun akhir yang sedang menjalankan skripsi. Mereka rawan stress dan mudah terdampak.
Sayangnya, tidak semua orang mengetahui berbagai jenis tanda stress yang terjadi pada dirinya. Untuk mengetahui apa saja tanda stres selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

1. Perubahan Nafsu Makan

Kondisi stres yang sangat berlebihan bisa menyebabkan perubahan nafsu makan yang cukup drastis. Perubahan nafsu makan ini bisa menyebabkan seseorang jadi ingin makan lebih banyak atau tidak mau makan sama sekali.
Apabila seseorang makan terlalu banyak, ada indikasi mereka mengalami emotional eating. Kondisi ini, menyebabkan mereka jadi makan terlalu banyak hanya untuk membuat dirinya menjadi lebih nyaman.
Sebaliknya, mereka yang tidak mau makan sama sekali justru bisa memberikan dampak yang lebih buruk lagi. Tubuh bisa menjadi kurus sehingga mengalami defisiensi nutrisi yang parah.

2. Mood Berubah-ubah

Apabila mengalami stres, khususnya yang sudah sangat parah, seseorang akan memiliki mulut yang sering berubah-ubah. Kadang mereka mengalami senang dan kadang mengalami sedih yang sangat parah.
Cara mengatasi stres untuk kondisi seperti ini adalah dengan melakukan relaksasi. Kamu bisa melakukan hal-hal yang memang disukai sebelumnya atau bisa juga melakukan semacam spa.
Tubuh dan pikiran akan selalu berhubungan sehingga keduanya harus diselaraskan. Apabila mengalami gangguan pada keduanya seperti stres atau kelelahan, akan sulit diatasi.

3. Mengalami Gangguan Tidur

Salah satu tanda stres yang paling sering muncul adalah gangguan tidur. Dampak stres ini menyebabkan kamu yang jadi sering begadang atau tidak merasa mengantuk sama sekali padahal sudah sangat larut.
Padahal kamu sudah bekerja seharian dan seharusnya dalam kondisi lelah mereka mudah untuk tidur. Tetapi yang terjadi justru sebaliknya, kamu jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak karena sering kepikiran.
Ada banyak sekali hal yang dipikirkan atau dikhawatirkan. Akhirnya mereka jadi lebih banyak diam dan akhirnya tidak bisa memulai tidur dengan nyenyak.

4. Tubuh Lemas dan Sering Terjadi

Tubuh yang sering lemas dan perasaan malas yang berlebihan merupakan dampak stress berlebihan. Apabila kondisi ini sudah muncul, kamu harus segera mengatasinya dengan cepat.
Apabila diabaikan maka berbagai jenis aktivitas yang wajib dilakukan seperti bekerja ataupun ibadah bisa terbengkalai. Karena orang yang masuk dalam kondisi ini biasanya malas melakukan apapun dan lebih banyak melakukan tidur atau berdiam diri.

5. Mengalami Gangguan Seksual

Pada kondisi yang sudah sangat parah seseorang dengan gangguan stress hebat tidak bisa melakukan aktivitas seksual. Kemampuan mereka untuk melakukan itu menurun atau tidak bisa sama sekali karena banyak pikiran.
Tidak hanya itu, bagi wanita, stres juga bisa berpengaruh pada siklus menstruasi. Karena itu, stress perlu kamu atasi sesegera mungkin.

6. Jantung Sering Berdebar

Jantung yang sering berdebar bahkan seperti orang yang mengalami gangguan kardiovaskular juga merupakan tanda dari stres. Apabila sudah mengalami ini ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter untuk menghindari hal-hal yang lebih parah.
Mengetahui gejala stress bisa meminimalkan dampak yang dialami. Tubuh dan pikiran menjadi lebih nyaman. Kehidupan juga menjadi lebih nyaman.
Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan spa. Kamu bisa melakukan spa dan menerima pijatan pada tubuh serta mendapatkan treatment untuk relaksasi lainnya.
Apabila membutuhkan layanan spa terbaik bisa ke WWSpa. Layanan spa berkualitas dengan terapis berpengalaman siap menurunkan stress yang kamu miliki. Kunjungi situs https://www.womanandwomanspa.id/ atau https://www.instagram.com/wwspa/ untuk info lebih lanjut

WhatsApp