Fakta Menarik Tentang Berendam Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

March 3, 2024

Daun sirih adalah salah satu tanaman yang sering dijadikan bahan obat-obatan herbal. Tanaman ini juga sangat mudah ditemukan dan sangat populer bagi masyarakat Indonesia.

Tanaman yang memiliki daun lebar ini sejak dahulu digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Sampai saat ini pun masih banyak orang yang masih percaya dengan khasiat daun sirih. Tak heran jika kita masih bisa menemukan orang yang menggunakannya untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Inilah yang Dikandung oleh Daun Sirih

Tanaman yang tumbuh dengan cara merambat ini memang memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, protein, iodin, sodium, minyak atsiri, kavikol, asam nikotinat hingga betlephenol.

Banyaknya zat baik yang dikandung oleh daun sirih membuat tanaman itu dikenal akan sifat anti septik dan anti inflamasinya. Selain itu, daun sirih ternyata juga memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan dan kecantikan wanita.

Beberapa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

Daun sirih menjadi salah satu tanaman obat yang paling disukai oleh para wanita. Pasalnya daun sirih memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh kaum hawa.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan wanita yang harus anda diketahui:

1. Menghilangkan Keputihan

Bagi sebagian besar wanita pastinya pernah mengalami masalah pada kewanitaan satu ini, yaitu berupa keputihan. Hal ini sangat mengganggu karena bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal hingga bercak kuning pada celana.

Keputihan sendiri bisa diatasi dengan menggunakan pembersih kewanitaan yang bisa ditemukan di toko-toko obat. Namun sampai saat ini masih banyak wanita yang masih menggunakan daun sirih untuk menghilangkan keputihan.

Hal itu disebabkan karena daun sirih adalah bahan alami dan cara mengolahnya juga sangat mudah.

Bagi anda yang ingin mencoba mengolah daun sirih untuk mengatasi keputihan, anda hanya perlu merebus 5 sampai 10 lembar daun sirih dengan 500 ml air.

Setelah itu dinginkan dan saring air rebusan tersebut. Air rebusan daun sirih itu langsung bisa digunakan untuk membasuh daerah kewanitaan untuk menghilangkan keputihan.

2. Melancarkan Haid

Setiap bulan para wanita yang sudah pubertas pastinya akan mengalami haid. Akan tetapi terkadang masih banyak yang merasakan kesakitan di perut bagian bawah saat hari-hari pertama.

Rasa sakit itu pasti pernah dirasakan oleh setiap wanita yang biasanya disebabkan oleh haid yang kurang lancar.

Rasa sakit itu sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, tapi jika anda tidak tahan dengan rasa sakit saat haid, maka juga bisa memanfaatkan daun sirih.

Caranya rebus sebanyak 3 sampai 6 lembar daun sirih dengan 300 ml air. Setelah itu saring dan biarkan hingga air rebusan menjadi sedikit hangat. Minumlah air rebusan itu sebanyak 2 kali sehari saat masih merasakan nyeri saat haid.

3. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Bagi para wanita tentunya masalah kulit seperti jerawat sangatlah mengganggu. Tidak hanya bisa membuat penampilan kurang menarik, jerawat juga bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di wajah.

Menggunakan daun sirih yang memiliki kandungan anti septik mampu untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajah.

Cara mengolahnya yaitu dengan merebus sebanyak 10 sampai 15 lembar daun sirih dengan 1 liter air. Tambahkan 2 sendok makan garam dan tunggu hingga mendidih.

Setelah itu, dinginkan air rebusan dan saring kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah yang bersih. Pakai air rebusan tersebut untuk membasuh wajah setiap hari, khususnya saat sebelum tidur.

KESIMPULAN

Daun sirih memang sangat kaya akan manfaat, bahkan telah dipercaya sebagai obat alami yang bisa mengatasi banyak masalah kesehatan. Namun faktanya daun sirih ternyata juga sangat berguna bagi para wanita untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti di atas.

WhatsApp