Atasi Keputihan Dengan 5 Cara Berikut

February 28, 2021

Hal yang wajar jika para wanita terkadang mengalami keputihan. Namun, jika keputihan tersebut terjadi secara terus-menerus itu bukan pertanda hal baik. Terlebih jika menyebabkan gatal dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kerap kali diri sendiri pun menjadi tidak nyaman dan rasa percaya diri menurun. Jika sudah seperti itu, sebaiknya kita perlu mengatasi masalah keputihan tersebut segera. Karena jika tidak, area miss V akan menjadi sarang bakteri. Keputihan sendiri bisa diatasi dengan berbagai solusi. Misalnya datang ke dokter, membuat ramuan dari bahan alami alami, menggunakan cara tradisional, atau dengan cara ratus.

5 Cara Untuk Mengatasi Keputihan

Mengalami keputihan yang tidak normal, seperti lendir berbau, lendir berwarna, dan juga merasakan gatal di area miss V, tentu harus dihindari. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan, salah satunya dengan ratus. Bukan hanya itu saja, ada beberapa cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengatasi keputihan tersebut. Inilah 5 caranya :

1. Ratus

Adalah perawatan menggunakan metode pembakaran dari ramuan khusus yang asap dari pembakaran tersebut diarahkan pada bagian miss V. Namun, saat ini sudah banyak yang mengombinasikan metode ini dengan sinar inframerah. Perawatan ini juga sudah banyak digunakan oleh salon atau tempat jasa spa. Perawatan bisa berlangsung selama kurang lebih 30 menit lamanya. Bahan-bahan yang digunakan antara lain, akar wangi, kayu secang, daun sirih, bunga mawar, dan lain-lain. Perawatan dengan metode ini cocok bagi calon pengantin yang tengah dalam persiapan pernikahan.

2. Menggunakan Kunyit

Bahan alami yang satu ini kerap digunakan oleh orang-orang untuk solusi masalah keputihan mereka. Menggunakan kunyit juga tidak akan menimbulkan efek samping. Kita hanya perlu mengonsumsi setiap hari air perasan kunyit yang telah diparut. Zat yang membantu dalam mengatasi keputihan dalam kunyit itu sendiri adalah zat antibakteri. Agar hasilnya maksimal, kita bisa mengonsumsinya 2 kali sehari.

3. Biji Fenugreek

Mungkin bagi sebagian orang, bahan alami ini jarang terdengar di telinga. Biji ini berasal dari tanaman Klabet. Cara yang harus dilakukan adalah, merendam satu sendok makan biji fenugreek pada air hangat hingga semalam. Lalu sebelum sarapan, saring airnya dan minum. Manfaat dari biji fenugreek adalah menjaga kadar pH pada miss V.

4. Bawang Putih

Selain ratus, kunyit, dan juga biji fenugreek, rupanya bawang putih bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi keputihan. Bawang putih sudah dipercaya oleh orang sejak lama sebagai bahan obat alami. Begitu pun untuk keputihan. Bawang putih bisa kita konsumsi secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Karena memiliki sifat antibakteri inilah bawang putih dapat meredakan keputihan akibat infeksi bakteri yang ada di miss V.

5. Daun Sirih

Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi sebagai obat alami mengatasi keputihan. Kandungan diatase, atsiri, zar samak, kavikol, pati, dan juga seskuiterpen, mampu membantu area miss V terhindar dari jamur dan bakteri. Cara menggunakan daun sirih adalah dengan merebus 5-10 helai daun, kemudian direbus selama menit bersama air. Lalu, saat air rebusan daun sirih sudah hangat, tinggal kita basuh miss V dengan air tersebut.

5 Cara perawatan di atas bisa kita terapkan untuk menjaga kebersihan area miss V, khususnya dalam mengatasi keputihan. Gunakan prosedur yang terpercaya dan aman untuk kesehatan area kewanitaan. Jika ingin menggunakan metode ratus, ada baiknya kita melakukannya di tempat yang sudah terdapat tenaga ahli, agar tidak salah prosedur. Selamat mencoba!

WhatsApp