Apakah Totok Wajah Aman untuk Kesehatan?

September 10, 2022

Percayakah kamu bahwa apa yang sedang kamu alami dan rasakan bisa terlihat dari tampilan kulit? Apalagi ketika stress melanda, kulit wajah memberi tanda-tanda yang jelas. Mulai dari kantung mata, kulit kusam, mengendur, munculnya kerutan, hingga jerawat. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, banyak orang melakukan totok wajah.

Kebanyakan orang mempercayai bahwa perawatan kecantikan ini dapat memelihara otot-otot wajah, dan memberi manfaat kesehatan. Inilah yang membuat treatment ini tersedia di berbagai salon maupun klinik kecantikan. Untuk mendapatkan hasil yang tepat, kenali mitos dan fakta dari perawatan ini.

Mitos dan Fakta Seputar Totok Wajah

Sangkin berjamurnya perawatan ini, ada banyak mitos dan fakta yang beredar. Menurut Dr Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, Sp.AK di acara Ayo Hidup Sehat, ada beberapa mitos mengenai treatment ini. Selengkapnya pada bagian berikut ini.

1. Dapat Menimbulkan Jerawat

Perawatan ini tidak akan menimbulkan jerawat pada wajah. Justru dengan melakukan treatment ini bisa menyebabkan inflamasi. Inflamasi adalah kekebalan alami tubuh untuk menyerang mikroorganisme jahat. Sehingga dapat menyembuhkan jerawat yang memiliki grade 1 atau 2.

2. Titik yang Salah akan Menimbulkan Efek Buruk bagi Kesehatan

Sebenarnya totok wajah diapain, sih? Kamu akan menerima pijatan pada beberapa titik wajah. Treatment yang bermanfaat adalah ketika melakukan pijat pada titik yang benar dan teknik perangsangannya yang benar.

3. Ibu Hamil Tidak Boleh Mendapatkan Treatment Ini

Sebenarnya untuk ibu hamil bisa mendapatkan pijatan ringan dari perawatan ini. Hindari melakukan akupuntur pada titik-titik tertentu yang menimbulkan rasa sakit.

Adapun manfaat totok wajah bagi kecantikan kulit wajah yaitu:

  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Mencegah munculnya tanda penuaan
  • Mengatur energi positif dan negatif pada tubuh
  • Membuat kulit wajah bercahaya
  • Membantu mengecilkan pori-pori
  • Mendetoks kulit wajah secara alami
  • Memperindah bentuk wajah
  • Membantu makeup menempel dengan baik

Apakah Perawatan Kecantikan Ini Berbahaya?

Biasanya, treatment ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit jika kamu atau terapis menekan wajah secara perlahan dan lembut. Tetapi, bagi sebagian orang akan mengalami rasa pusing setelah melakukan perawatan ini.

Malahan terkadang, treatment ini juga dapat mengakibatkan timbulnya memar atau nyeri pada sebagian titik yang ditekan. Maka dari itu, sebelum melakukan perawatan ini pastikan bahwa kulit wajah dalam keadaan baik. Baik maksudnya tidak boleh memar, radang, luka terbakar, maupun bengkak.

Alangkah baiknya, kamu melakukan konsultasi kepada dokter sebelum melakukan perawatan ini. Karena tidak semua orang dapat menerima treatment ini. Buat kamu yang sedang hamil, teknik pemijatan ini dapat menimbulkan kontraksi.

Beberapa penyakit seperti keropos tulang (osteoforosis), kanker, patah tulang di bagian wajah, gangguan pembekuan darah (trombofilia), diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi wajib berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan perawatan.

Sebelum melakukan perawatan ini sebaiknya pastikan tanganmu atau tangan terapis dalam keadaan bersih. Tangan yang kotor dapat menimbulkan reaksi infeksi atau alergi pada kulit wajah.

Jika kamu memiliki alergi, periksa kandungan minyak aromaterapi apakah mengandung alergen atau tidak.

Melakukan totok wajah sendiri di rumah bisa saja. Asalkan kamu mengetahui dan memahami titik-titik akupresur penting pada bagian tubuh. Namun, jika kamu ingin melakukan totok wajah di salon kamu dapat melakukannya di Woman and Woman Spa. Salon ini memiliki terapis yang bersertifikat dan berpengalaman serta menyediakan layanan totok wajah Jakarta, dan Yogyakarta.

Jika gejala pusing dan memar belum juga membaik, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Tunggu apalagi, mulai treatment totok wajah pertamamu disini.

WhatsApp