5 Manfaat Breast Massage bagi Ibu Hamil

March 3, 2024

Breast massage kesehatan wanita dalam Bahasa Indonesia berarti pijat payudara. Biasanya dilakukan agar bentuk tetap kencang, sehingga terhindar dari payudara kendur yang seringkali mengganggu penampilan.

Selain itu, Breast massage adalah aktivitas yang juga disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil, yang bertujuan untuk menstimulasi kelenjar susu menghasilkan ASI. Bagi kamu yang masih ragu, berikut ini ada 5 manfaat breast massage bagi ibu hamil yang perlu diketahui.

1. Mencari Tahu Risiko Kanker Payudara

Sebelum melakukan pemeriksaan, langkah awal untuk mencari tahu adanya kanker payudara adalah dengan memijatnya perlahan. Sebuah studi di tahun 2011 mengungkapkan bahwa breast massage dapat mendeteksi adanya risiko kanker payudara. Pasalnya, kanker payudara pada ibu hamil seringkali sulit terdeteksi.

Alasannya, karena perubahan fisik saat mengandung dapat mengubah bentuk payudara akibat kanker. Selain itu, kanker payudara dan kehamilan juga memiliki gejala yang sama. Salah satunya, pembesaran di area tersebut yang jika merupakan ciri hamil, berarti disebabkan oleh penyumbatan kelenjar susu.

Inilah sebabnya, jika saat memijat terasa benjolan, segera konsultasikan ke ahlinya. Jangan sampai disepelekan karena jika benar itu adalah kanker, maka akan berpengaruh buruk bagi kesehatan calon ibu dan bayi.

2. Mengatasi Stretch Mark

Kehamilan secara alamiah bisa membuat seorang wanita mengalami kenaikan berat badan. Kondisi seperti ini biasanya memicu pertumbuhan stretch mark, sebuah garis halus yang muncul karena terlalu gemuk.

Garis-garis halus ini tentu dapat mengganggu penampilan, sehingga membuat banyak wanita merasa kurang percaya diri. Stretch mark juga bisa timbul salah satunya di area payudara.

Oleh karena itu, breast massage sangat dianjurkan agar dada kamu tetap terasa kencang, serta tidak meninggalkan bekas garis halus di sana.

3. Meredakan Nyeri dan Gatal

Usai melahirkan, biasanya payudara akan terasa sakit dan nyeri. Ditambah jika ASI yang keluar hanya sedikit, atau bahkan sulit keluar. Payudara pun bisa mengalami pembengkakan, hingga membuatmu kurang nyaman.

Guna mengatasi masalah tersebut, kamu perlu melakukan breast massage saat hamil. Ada banyak pendapat yang mengungkapkan bahwa melakukan breast massage di waktu hamil mampu menurunkan risiko nyeri tersebut. Dengan begitu, payudara akan menjadi lebih tenang.

Di sisi lain, kehamilan sendiri menyebabkan payudara menjadi lebih besar. Situasi ini rentan memicu rasa gatal yang mengakibatkan kemerahan pada kulit bahkan seringkali sensitif. Nah, breast massage juga disebut ampuh untuk mengatasi, mengurangi, dan meredakan gatal tersebut.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menggaruknya, karena khawatir akan menimbulkan luka.

4. Memperbesar Puting

Ketika memasuki masa kehamilan, puting akan berubah menjadi besar, karena dipersiapkan untuk menyusui bayi. Namun, beberapa wanita seringkali mendapati bentuk yang justru menyusut. Ukuran puting yang kecil bisa membuat bayi kesulitan untuk menyusu.

Nah, untuk itu kamu perlu melakukan breast massage, yang bisa menjadi terapi pada puting dan membuatnya membesar, sehingga memudahkan bayi menyusu.

5. Memperlancar ASI

Sebagai ibu hamil, kamu wajib memperhatikan apakah payudara akan lancar dalam mengeluarkan ASI atau tidak. Situasi tersebut penting untuk pemenuhan asupan nutrisi bayi selama beberapa bulan. Breast massage disebut mampu meningkatkan pasokan serta kualitas ASI.

Hal ini dikarenakan breast massage dapat menurunkan risiko terjadinya pembengkakan, saluran susu yang tersumbat, serta infeksi jaringan payudara. Dengan begitu, kesehatan wanita sebagai ibu hamil dan calon buah hati dapat terjaga.

Itulah kelima manfaat yang bisa diperoleh dari breast massage bagi ibu hamil. Kamu bisa melakukan breast massage pada WWSpa, dengan mengunjungi website resmi kami di https://www.womanandwomanspa.id/.

Jika ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi akun instagram kami di @wwspa.

WhatsApp