Cari Tahu, Jenis Perawatan yang Pas untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepalamu

July 30, 2019

Banyak orang, khususnya wanita, bela-belain untuk menyisihkan sebagian waktu dan uang demi melakukan perawatan tubuh ini.

Dan faktanya memang perawatan pada tubuh baik dilakukan agar tetap sehat dan cantik. Perawatan ini dari ujung kepala hingga kaki yang meliputi bagian rambut, wajah, badan, hingga kuku sekalipun.

Untuk melakukan perawatan tubuh sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah atau dibantu oleh spesialis dan ahli khusus yang ada di salon. Dari keseluruhan perawatan, rambut menjadi salah satu bagian yang paling sering dilakukan.

Apalagi kesehatan dan kecantikan mahkota rambut ini juga akan diperhatikan orang pada umumnya. Oleh karena itu, sebelum melakukan berbagai treatment, ada baiknya untuk mengenali dulu seperti apa tipe rambutmu.

Setelahnya, kamu bisa jadi tahu, apa yang harus dilakukan agar rambut tampak indah, lembut, sehat, dan berkilau.

Yuk, Kenali Dulu Tipe Rambutmu

Sebelum membeli shampo atau conditioner, kamu pasti mengecek terlebih dahulu khasiat yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan para peneliti pembuat bahan shampo atau conditioner tersebut menyesuaikan dengan kondisi rambut yang berbeda-beda jenisnya.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu dulu bagaimana kondisi dan tipe rambutmu saat ini sebelum benar-benar merawatnya dengan baik dan benar.

1. Rambut Normal

Beruntunglah karena kamu memiliki rambut yang normal. Merawat rambut normal jauh lebih mudah dan tidak ribet dibanding dengan kondisi yang bermasalah.

Meski rambutmu sehat dan sempurna, namun kamu perlu merawatnya dengan baik sebagi bentuk tindak pencegahan agar tidak rusak.

Konsumsilah makanan bervitamin dan bergizi. Sebisa mungkin untuk menghindari pengkritingan, meluruskan atau mewarnai rambut.

2. Rambut Berminyak

Memiliki rambut berminyak disebabkan oleh kulit kepada yang berminyak. Jenis rambut ini cenderung terlihat kusam dan lepek. Tak menutup kemungkinan jika ketombe akan berusaha menetap di kulit kepalamu.

Agar minyak pada rambut berkurang, Anda dapat keramas menggunakan air dingin atau menggunakan obat alami dan herbal. Sebisa mungkin agar tidak memakai conditioner agar rambut tidak semakin berminyak.

3. Rambut Kering

Rambutmu mudah mengembang seperti singa? Waspadalah karena itu merupakan salah satu ciri dari rambut kering.

Rambut kering juga sama menyebalkannya dengan yang berminyak. Hal ini bisa terjadi karena kelenjar minyak yang terdapat di bawah lapisan kulit kepala tidak dapat bekerja secara aktif.

Sebaiknya jangan terlalu sering berkeramas dan menghindari catok. Ini akan membuat rambut menjadi semakin kering dan mengembang serta sulit diatur.

Justru akan lebih baik jika kamu mengolesinya dengan minyak khusus berbahan alami dan bernutrisi.

Jenis-Jenis Perawatan Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

Rambut merupakan mahkota yang paling berharga bagi kaum hawa. Rambut yang lembut, tebal, dan wangi tentu akan membuatmu menjadi lebih percaya diri.

Lantas, untuk memiliki rambut yang seperti itu, dibutuhkan perawatan rutin setiap bulannya.

Perawatan ini hadir di tengah-tengah masyarakat demi membantu menjaga kesehatan rambut mereka. Beragam perawatan rambut dibawah ini bisa jadi pilihan ketika sedang berada di salon.

Apa sajakah itu? Yuk kita cari tahu.

1. Creambath

Creambath adalah perawatan rambut yang paling populer dan sering dipilih, terutama bagi wanita Indonesia. Perawatan jenis ini menggunakan krim yang berasal dari bahan-bahan pilihan dan bernutrisi untuk kesehatan rambut.

Dengan perawatan creambath, krim yang bernutrisi akan masuk pada bagian kulit kepala. Melalui pijatan kepala, kamu akan merasakan rileks dan nutrisi tersebut pun akan terserap dengan baik serta bermanfaat bagi rambutmu.

Manfaat dari creambath ini sendiri antara lain seperti menghaluskan batang rambut, mencegah terjadinya kerusakan pada rambut, dan menghilangkan rambut yang bercabang. Creambath ini juga lebih cocok untuk tipe rambut normal dan belum pernah diwarnai sama sekali.

2. Hair Mask

Jenis perawatan hair mask juga populer di kalangan wanita. Biasanya, perawatan ini dilakukan untuk rambut yang sudah sering diwarnai atau rusak akibat terpaan sinar ultraviolet.

Tren warna rambut yang terus berganti tiap tahunnya memang membuat kamu jadi hits dan tak ketinggalan jaman. Akan tetapi, gonta ganti warna akan menimbulkan kerusakan tersendiri seperti rambut menjadi kering dan kusam.

Tak terelakkan pula akan munculnya ketombe akibat pewarnaan tersebut.

Berbeda dengan creambath, pengaplikasian hair mask cukup dengan dioleskan secara merata ke seluruh rambut tanpa adanya pijatan pada kulit kepala. Ini dikarenakan nutrisi dalam krim khusus hair mask akan fokus bekerja pada batang rambut.

Dengan rutin melakukan hair mask, kamu masih tetap bisa tetap mengikuti trend dan berekperimen warna pada rambut kamu.

3. Hair Spa

Kamu suka rebonding, meluruskan atau mengkriting rambut? Jika ya, maka rajinlah untuk merawat rambutmu dengan treatment hair spa.

Bukan hanya tubuh saja yang merasakan spa, rambut pun juga tak mau kalah. treatment pada hair spa tak jauh berbeda dengan creambath.

Namun, ada tambahan penggunaan serum atau ramuan khusus yang bervitamin sebagai nutrisi ekstra.

Untuk rambut bermasalah seperti kering atau pecah-pecah dapat menggunakan hair spa sebagai solusinya. Dibandingkan hair spa, hasilnya membuat rambut akan terasa lebih lembut dan meringankan kepala kamu.

4. Hair Manicure

Kalau tadi ada spa untuk rambut, maka terdapat pula perawatan manicure sebagai salah satu bentuk treatment mahkota kamu. Manicure tak hanya berlaku pada kuku tangan dan kaki kamu saja, rambut pun juga perlu perawatan ini.

Rambut ternyata juga memiliki kutikula yang jika rusak, maka akan mahkota kebanggaanmu akan tampak kusam. Lakukan perawatan hair manicure untuk mengembalikan kilauan rambut kamu.

Hair manicure sebenarnya tidak terlalu dianjurkan karena bahan yang biasa digunakan mengandung campuran bahan alami dan kimia. Perpaduan inilah yang akan memperbaiki kutikula rambut yang rusak parah.

Meski bercampur dengan zat kimia, treatment hair manicure masih tergolong aman. Kamu boleh saja menggunakannya jika perawatan dengan bahan alami lainnya tidak dapat berjalan dengan sempurna.

5. Hair Trimming

Trimming atau dalam bahasa Indonesia berarti pemangkasan. Maka, jika diartikan secara lengkap, hair trimming merupakan bentuk perawatan rambut dengan cara memangkas bagian ujungnya saja. Yang dipotong pun tidak sebanyak seperti saat mengubah style rambut.

Perawatan ini memang tak banyak yang melakukannya namun cukup ampuh untuk mencegah masalah rambut bercabang. Karena rambut bercabang akan membuat penampilan kamu jadi kurang nyaman dan menarik.

6. Hair Toning

Dibanding coloring, toning jauh lebih baik meski keudanya sama-sama berkenaan dengan pewarnaan. Secara penggunaan hair toning harus dilakukan berulang karena sifatnya yang tak permanen. Beda dengan coloring yang tetap dan lebih tahan lama.

Hair toning lebih banyak dipilih oleh mereka yang sudah berumur dan memiliki uban. Dengan hair toning ini, setiap rambut putih akan diberi pewarnaan berbahan khusus dengan kandungan kimia yang aman dan sehat untuk tubuh.

Selain uban, kerusakan pada rambut juga dapat ditutupi dan disamarkan dengan hair toning. Bau yang timbul dari bahan toning juga tidak menyengat.

Merawat rambut agar tetap indah dan lembut memang membutuhkan biaya ekstra. Akan tetapi, kamu pun tak boleh terlalu sering melakukan beberapa treatment tersebut agar tidak merusak kesehatan rambut itu sendiri.

Jaga pula kesehatan rambutmu dengan mengkonsumsi makanan bervitamin dan bergizi.

Hubungi WhatsApp