Apakah Ratus Berbahaya atau Bermanfaat?

July 30, 2019

Organ intim kewanitaan adalah anugerah paling berharga bagi wanita. Apalagi untuk para wanita yang telah menikah dan memiliki pasangan resmi, menjaga organ intim kewanitaan jadi salah satu cara membahagiakan pasangan agar keharmonisan keluarga selalu terjaga.

Karenanya sangat dianjurkan agar setiap wanita untuk berusaha menjaga area seputar vagina agar tetap sehat dan bersih.

Caranya bermacam-macam, mulai dari melakukan aktifitas fisik agar otot vagina tetap rapat sekaligus menjaga fungsi vagina. Aktifitas fisik yang bisa dijalankan antara lain seperti, senam kegel yang bisa menjaga kekuatan otot panggul sehingga menambah vitalitas serta fungsi organ seks yang memungkinkan wanita meraih orgasme.

Selain itu aktifitas fisik lain seperti berjalan kaki atau jogging ringan juga terbukti membawa dampak positif pada vitalitas organ intim kewanitaan.

Dan bukan hanya olahraga saja, mengatur pola makan dengan diet berimbang dan sehat, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan juga menjadi anjuran tepat.

Tak berhenti sampai disitu, gaya hidup juga turut berpengaruh pada kesehatan area kewanitaan. Anjuran seperti menjauhi perilaku bergonta-ganti pasangan atau menggunakan kondom saat berhubungan intim juga merupakan cara untuk menjauhkan vagina dari berbagai masalah kesehatan.

Setiap cara dan anjuran tersebut, adalah bagian dari keperluan untuk menjaga kesehatan area kewanitaan yang telah terbukti secara klinis.

Lalu adakah cara herbal dan tradisional agar harta paling berharga yang menjadi martabat wanita tersebut tetap terjaga kesehatannya?

Jawabannya ada 2 cara, yang pertama bisa melalui langkah internal dengan mengkonsumsi jamu dan juga eksternal seperti ratus.

Berbagai jenis jamu, seperti galian singset, kunyit asam hingga sirih kunci, semua dipercaya mampu berikan dampak positif bagi kesehatan wanita, bahkan hal semacam ini bisa menghindari keluhan-keluhan seperti nyeri haid atau masalah bau badan.

Sementara untuk cara eksternal, ada pula metode yang telah dikenal sejak berabad silam dan dipercaya mampu berikan dampak untuk jaga kebersihan dan kesehatan vagina.

Metode ini dikenla dengan nama ratus, yang diterapkan seperti steam sauna dengan memanfaatkan uap yang dihasilkan dari racikan herbal tertentu.

Seperti apa dampak dari metode ratus sebagai langkah perawatan vagina secara herbal dan tradisional? Serta apa saja dampaknya secara langsung? Mari kita uraikan satu persatu.

8 Manfaat Ratus untuk Organ Intim Kewanitaan  

Ratus diterapkan sebagai metode perawatan atau spa vagina dengan membiarkan vagina terpapar secara langsung dengan uap yang keluar dan menjadi ekstrak dari racikan rempah yang sudah disiapkan.

Pada saat melakukan perawatan ratus, dulunya wanita memakai kemben atau kain dan dilakukan di rumah sendiri untuk menjaga privasi. Wanita yang menjalankan ratus tinggal duduk dengan merentangkan kedua kaki pada baskom berisi air rebusan racikan rempah-rempat tadi.

Bahan-bahan yang dipakai adalah bahan herbal seperti diantaranya, bunga mawar, kunyit dan temu kunyit, akar wangi, kayu manis, serta kayu secang dan masih banyak herbal lain yang masing-masing dinilai punya khasiat bagi kesehatan.

Terdapat setidaknya 8 manfaat bagi kesehatan vagina setelah melakukan spa ratus ini. Berikut ini masing-masing uraiannya.

1. Merapatkan dan Mengencangkan Otot Vagina

Hal yang kadang menjadi momok bagi wanita dan menyebabkan berkurangnya kebahagiaan berumah tangga adalah pasca melahirkan yang menyebabkan otot vagina kehilangan elastisitas dan kendur.

Uap yang dihasilkan selama perawatan ratus dipercaya mampu merangsang tingkat elastisitas otot vagina yang kendur dan melemah pasca melahirkan.

2. Cegah Kontaminasi dan Penyakit Infeksi

Vagina adalah orang tubuh wanita yang sangat rentan terinfeksi bakteri. Salah satu sumbernya adalah saat bersenggama dimana kontak antar alat kelamin menjadi medium kontaminasi bakteri.

Perawatan dengan ratus dipercaya mampu menekan bakteri jahat yang berakibat fatal bagi kesehatan vagina.

3. Perlancar Aliran Darah

Frigiditas dan rasa enggan untuk berhubungan badan kadang muncul pada wanita. Salah satu penyebabnya adalah kurang lancarnya aliran darah di area kewanitaan sehingga vagina menjadi kurang sensitif terhadap rangsangan dan menyebabkan sulit orgasme.

Rempah-rempah yang menjadi racikan untuk menghasilkan uap saat melakukan perawatan ratus, dipercaya mampu menjadikan aliran darah di area vagina menjadi lebih lancar.

4. Mengatasi Iritasi dan Cegah Gatal

Area kewanitaan kadang terasa gatal akibat adanya iritasi. Penyebabnya jamur dan bakteri yang tumbuh subur karena kelembapan. Uap ratus dipercaya menekan bakteri dan jamur sehingga mencegah iritasi dan gatal-gatal.

5. Mencegah Bau

Berbagai hal seperti kelembapan, jamur dan bakteri memicu masalah seperti vagina berlendir serta berbau. Kondisi yang demikian tentu bisa mengurangi kemesraan dan membuat enggan berhubungan intim.

Perawatan dengan metode ratus memungkinkan untuk mencegah bau sekaligus mengharumkan vagina.

6. Menjaga Kebersihan

Kebersihan organ vagina kadang kurang terperhatikan, terlebih bila sudah larut dalam kesibukan. Karenanya perawatan dengan metode ratus memberikan manfaat yang demikian karena uap herbal dan rempah-rempah dipercaya mampu menekan timbulnya bakteri dan jamur berlebihan.

7. Membantu Atasi Nyeri

Nyeri dan kram diseputaran bawah perut tidak hanya terjadi saat menstruasi saja. Memasuki masa premenstruasi (PMS) beberapa wanita kadang mengeluhkan hal serupa.

Metode ratus dipercaya mampu membantu atasi nyeri kala PMS menyerang. Penyebabnya, racikan dari herbal tradisional memberikan efek relaksasi yang bantu atasi nyeri dan kram.

8. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Tak semua wanita punya rasa percaya diri tinggi untuk mengekspose bagian paling sensitifnya, bahkan di depan suami sekalipun. Hal ini kadang menjadikan kemesraan berkurang sehingga menganggu keintiman.

Vagina yang bersih dan terawat akan membantu wanita untuk tingkatkan rasa percaya diri sehingga bisa memberikan kepuasan pada pasangan.

Itulah tadi 8 manfaat menjalankan metode ratus sebagai langkah perawatan vagina secara tradisional atau dengan racikan herbal. Tapi bagiamana sebenarnya tinjauan medis tentang metode perawatan vagina yang dipercaya mampu tingkatkan keintiman antara suami-istri ini?

Mari kita ulas lebih dalam lagi.

Tinjauan Klinis Tentang Ratus

Seperti metode perawatan kesehatan non-klinis lainnya, metode ratus sebenarnya mendapat sorotan dari dunia medis dan klinis tentang tingkat keamanan metode yang bahkan hari ini sudah diterapkan di banyak negara selain di Indonesia.

Beberapa hal yang jadi tinjauan seperti diantaranya, penambahan zat kimia untuk menghasilkan uap sebaga medium utama perawatan.

Tinjauan klinis menyebutkan bila suhu uap yang dipakai terlalu panas ini bisa berisiko karena bisa menyebabkan luka bakar ringan mengingat area kulit di sekitaran vagina sangat sensitif.

Selanjutnya, metode ratus yang kurang benar juga memicu timbulnya iritasi yang malahan memicu timbulnya bakteri dan jamur sebagai biang keladi berbagai masalah pada vagina seperti keputihan parah dan bau tak sedap.

Oleh karenanya, sangat penting untuk menjalankan metode ratus ini di spa yang memang mengerti serta telah berstandar agar aman dan nyaman sehingga manfaat-manfaat menjalankan metode ratus sebagaiman diuraikan di atas bisa dirasakan secara nyata.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan agar metode ratus yang diterapkan tetap aman dan nyaman secara klinis.

• Gunakan pakaian atau penutup badan yang nyaman dan aman dari segi bahan saat menjalankan perawatan ratus. Sangat disarankan untuk memilih penutup badan berbahan katun sebab jenis bahan ini dikenal aman karena punya daya serap yang baik namun tidak lembap. Tujuannya agar jangan sampai kelembapan yang terjadi saat penguapan menjadi medium terbentuknya jamur dan bakteri penyebab infeksi.

• Jalankan metode klinis pemeriksaan vagina sebelum mengambil keputusan menjalankan perawatan ratus. Salah satunya seperti pap smear yang memang bertujuan untuk memeriksa keadaan dan kesehatan vagina secara medis.

• Metode ratus aman diterapkan oleh wanita yang sudah berumur 20 an tahun ke atas. Karena organ reproduksi sudah terbentuk dengan sempurna,

• Jangan menjalankan perawatan ratus di waktu-waktu tertentu seperti bersamaan dengan datang bulan atau menstruasi, terlalu dekat dengan pasca melahirkan atau ketika masa nifas belum selesai serta menjalankan metode ini dengan intensitas berlebihan seperti misalnya beberapa kali dalam 1 minggu.

• Untuk tingkat keberhasilan yang lebih tinggi iringi dengan mengatur pola makan, olahraga penguat otot panggul seperti misalnya senam kegel serta mengatur gaya hidup.

Merawat vagina dengan tujuan memuaskan pasangan penting bagi wanita yang sudah menikah. Metode ratus bisa efektif dan aman asal diterapkan dengan benar atau dijalankan oleh spa profesional yang telah memahami metode ini secara modern dan memenuhi standart.

Hubungi WhatsApp