Ternyata Lulur Dan Scrub Beda Loh - 4 Perbedaan Lulur Dan Scrub

March 3, 2024

Lebih cocok pakai lulur atau scrub ya? Duh, bingung! Lulur dan scrub memang merupakan 2 perawatan kulit yang digadang-gadang memiliki segudang manfaat, untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat. Ditambah lagi saat ini makin banyak varian lulur body scrub di pasaran, yang diklaim tokcer untuk mengusir kekusaman kulit. Wajar saja jika kemudian Kamu merasa bigung untuk memilih mana yang paling cocok. Nah, bagaimana jika Kamu menentukan pilihanmu dengan mengetahui perbedaan antara lulur dan scrub terlebih dulu?

4 Perbedaan Lulur dan Body Scrub

Lulur body scrub memang sama-sama memiliki manfaat bagi perawatan kulit, namun sebenarnya keduanya punya perbedaan yang kontras lho. Apa saja itu? Berikut bahasannya!

1. Perbedaan bahan dan komposisi

Saat ini lulur dan scrub sudah mengalami banyak pengembangan. Bahan dan komposisi yang digunakanpun makin beragam, untuk mendapatkan formula yang paling oke. Dalam hal ini, lulur dan scrub sebenarnya kerap menggunakan bahan-bahan yang natural dan alami, namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal varian. Lulur lebih akrab dengan varian rempah, layaknya beras, ketan, kunyit, sereh, hingga bunga-bungaan. Sedangkan scrub lebih banyak menggunakan bahan dasar buah layaknya ekstra cokelat, strawberi, bengkoang, jeruk, dan lain-lain. Akhir-akhir ini, lulur dan scrub memiliki varian tambahan yang sedang ngetren, seperti penggunaan ekstrak green tea, dan bunga saffron.

2. Perbedaan tekstur

Lulur body scrub memiliki perbedaan tekstur yang sangat kentara. Lulur biasanya memiliki tekstur yang lebih halus, dengan butiran-butiran yang sangat kecil. Karenanya lulur aman digunakan bagi semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif. Sebab walaupun sering digosokkan ke permukaan kulit, tekstur halus lulur tidak akan mengakibatkan iritasi. Sedangkan tekstur scrub lebih kasar, dengan butiran-butiran yang lebih besar. Biasanya penggunaan scrub dilakukan maksimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu, sebab teksturnya yang kasar dapat mengakibatkan ruam apabila diaplikasikan terlalu sering. Nah, bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif, harus cermat dalam memilih tekstur scrub ya. Pilihlah yang memiliki tekstur mild atau moderate, dengan ukuran scrub sedang. Hindari menggunakan yang deep dengan ukuran butiran paling besar.

3. Perbedaan formula

Nah, perbedaan selanjutnya dari lulur body scrub adalah pada formulanya. Kamu pasti sering menemukan lulur dengan beragam formula. Formula yang pertama adalah bubuk, yang bisa Kamu gunakan dengan menambahkan racikan air mawar, ataupun air biasa sebelum kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh. Formula kedua adalah berbentuk lulur kocok, biasanya digunakan bagi mereka yang tak ingin ribet dengan bentuk bubuk. Lulur kocok memiliki endapan ekstrak rempah dan air, yang akan menyatu setelah dikocok, barulah setelahnya bisa digunakan. Formula yang ketiga berbentuk lebih kental, yang biasanya digunakan ketika kulit dalam kondisi lembab dan basah. Dibandingkan dengan scrub, lulur memang memiliki varian formula yang lebih beragam. Sebab scrub memiliki formula yang seragam saja, yaitu berbentuk pasta yang padat dan kental, dengan butiran-butiran eksfoliasinya.

4. Perbedaan cara aplikasi

Perbedaan lulur body scrub yang terakhir adalah pada cara pengaplikasiannya. Karena lulur harus diencerkan sebelum menggunakan, maka biasanya Kamu sudah bisa mengaplikasikannya langsung ke tubuh, tanpa harus membasahinya terlebih dulu. Nah, hal ini berbeda dengan penggunaan scrub. Karena teksturnya kental, dan ada butiran-butirannya, maka Kamu disarankan menggunakan scrub dalam kondisi kulit yang lembab atau semi basah. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan gesekan yang terlalu seret, sehingga membuat kulit memerah.

Lulur dan scrub sama-sama berfungsi untuk mengangkat kotoran serta kulit mati. Bagi Kamu yang ingin perawatan rutin tiap hari, maka lulur akan jadi pilihan yang cocok. Namun jika Kamu lebih suka eksfoliasi beberapa kali saja dalam seminggu, maka scrub akan manjur untukmu. Kamu bisa menikmati mandi lulur di Woman and Woman Spa dengan berbagai pilihan lulur yang pastinya bisa membuatmu menjadi rileks. Jadi tunggu apalagi segera booking di WWSpa ya!

WhatsApp