Baby Spa: Alternatif Berlibur Bersama Si Buah Hati

March 3, 2024

Ingin menghabiskan waktu bersama buah hati? Baby spa dapat menjadi pilihan tepat untuk kamu dan si baby. Tidak hanya memanjakan kulit, kegiatan baby spa juga menunjang tumbuh kembang si kecil, loh!

Sebelum mengetahui lebih jauh, kamu mungkin bertanya tanya apa sih baby spa itu? Baby spa adalah serangkaian perawatan bayi yang menggabungkan teknik spa dan pijatan untuk si kecil. Bagaimana prosesnya?

Urutan Baby Spa

Keseluruhan proses baby spa terbagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama merupakan hidroterapi yakni kegiatan berenang dalam kolam khusus bayi. Proses berendam berlangsung selama kurang lebih 10-15 menit dan bisa lebih apabila buah hati sudah terbiasa dengan kedalaman.

Tidak perlu khawatir kesulitan, si kecil akan memakai baby buoy neck yang memungkinkan bayi menggerakkan badan hingga kaki. Gerakan tubuh yang beriringan dengan gelombang pada air akan merangsang si kecil untuk melatih keseimbangan dan kemampuan koordinasi tubuh mereka.

Selanjutnya, si kecil akan mendapatkan pijatan khusus bayi pada sesi kedua. Pijatan ini meliputi memegang, menggerakkan, dan juga memberikan pijatan berupa tekanan ringan pada tubuh.

Waktu yang tepat membawa si kecil mendapat perawatan baby spa yakni saat berusia 3 sampai 6 bulan. Ketentuan usia baby spa tersebut menyesuaikan tumbuh kembang anak. Pada masa tersebut, anak dianggap sudah mampu menegakkan kepala dan memiliki gerak reflek yang lebih baik baik.

*Manfaat Baby Spa *

Gerakan pada air dan pijatan pada baby spa memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang anak. Di antaranya, yakni:

  • Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Bayi

Pada masa pertumbuhan, perkembangan motorik merupakan hal penting yang menyongkong kerja tubuh anak. Secara umum, motorik merupakan kemampuan menggerakkan sistem otot dan tulang sejalan dengan perintah otak untuk melakukan suatu hal.

Berenang pada sesi pertama baby spa menstimulasi gerak otot dan saraf untuk kemudian bermanfaat bagi koordinasi tubuh si kecil. Dengan demikian, dapat memaksimalkan perkembangan motoriknya.

  • Membantu si Kecil Rileks dan Terhindar dari Stres

Kombinasi terapi air dan pijatan membantu si Kecil untuk lebih rileks dan tenang. Kondisi tersebut memberikan dampak, loh! Di antaranya yakni meningkatnya nafsu makan dan pola tidur yang berkualitas. Studi juga menunjukkan adanya bayi yang lebih aktif setelah mendapatkan terapi pijat.

Lebih jauh, studi lembaga di Jerman menunjukkan bahwa bayi yang sering berenang punya kemampuan motorik, sosial, dan kognitif yang lebih baik. Hal tersebut juga memicu salah satu manfaat baby spa yakni mengurangi stres pada si Kecil.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Penggunaan minyak pada proses pijat si kecil membantu menjaga kelembapan kulit bayi, mengangkat kulit mati, dan mencegahnya kulit menjadi kering. Pun manfaat lain dari penggunaan minyak ini yakni menjaga suhu bayi dan membantu mencegah hilangnya panas dari permukaan kulit.

Tips Melakukan Baby Spa

Sebelum memutuskan menghabiskan waktu libur dengan baby spa bersama si kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

  • Pastikan buah hati sedang dalam kondisi sehat.
  • Pastikan ketika berangkat,si baby sudah kenyang dan tidak mengantuk. Dengan demikian si kecil dapat bergerak aktif dan mendapatkan manfaat baby spa secara optimal.
  • Pilih lokasi baby spa yang aman dan bersih. Ketahui bagaimana tempat spa menjaga kebersihan air, dan produk serta bahan yang digunakan. Hal ini tentu demi menghindarkan buah hati dari kemungkinan alergi.

Memberikan perawatan terbaik untuk buah hati memang menjadi prioritas kala menjadi orang tua. Salah satunya dengan memilih lokasi spa terbaik untuk menghabiskan waktu dengan baby spa bersama si kecil.

Di Woman and Woman Spa, kamu bisa menikmati waktu baby spa bersama buah hati tanpa khawatir. Handled by professionals, Woman and Woman Spa memastikan kebersihan serta kenyamanan si buah hati saat mendapatkan baby spa. Tunggu apa lagi, yuk ajak si kecil baby spa hanya di Woman and Woman Spa!

WhatsApp